Hubungan Ganja dan Skizofrenia

Hubungan Ganja dan Skizofrenia
schizophreniaDengan semakin populernya penggunaan ganja untuk mengobati penyakit kronis dan mengatasi masalah kesehatan lainnya, perdebatan tentang efek yang ditimbulkan dari penggunaan ganja medis terus berlanjut dikalangan masyarakat pemerhati kesehatan. Peneliti dari Australia dan Inggris kembali memperdebatkan hubungan antara ganja dan penyakit mental sepertiskizofrenia.
Dalam artikel yang diterbitkan di F1000 Medicine Reports, penulis diberi kesempatan untuk membaca artikel dari sisi yang berlawanan untuk mempertimbangkan argumen mereka ketika menyusun artikel.
Dalam artikelnya “Cannabis and psychosis: what causes what?” David Castle dari Universitas Melbourne memberikan argumen mengenai hubungan antara penggunaan ganja dan peningkatan risiko gejala psikotik.
Dalam tulisannya Castle mengatakan “Ada sedikit keraguan bahwa mengkonsumsi ganja dapat menyebabkan gejala psikotik.” Kemudian ia menambahkan, “Masalah yang kontroversial adalah apakah ganja dapat menyebabkan skizofrenia? Sangat sulit untuk menentukan hal itu secara definitif.”
“Jelas bahwa ganja dan senyawa yang terdapat didalamnya dapat menyebabkan gangguan pada memori, perhatian, dan fungsi eksekutif. Tapi paparan cannabinoids yang dikaitkan dengan defisit kognitif tidak jelas. “
Castle mengutip sebuah studi yang mengatakan bahwa orang dengan skizofrenia 97% adalah orang yang pernah atau sering mengkonsumsi ganja dalam hidupnya. Namun ia juga mencatat bahwa kebanyakan orang yang menggunakan ganja tidak mengalami skizofrenia dan banyak orang yang didiagnosis mengidap skizofrenia tidak pernah menggunakan ganja.
“Oleh karena itu ada kemungkinan bahwa ganja adalah ‘komponen penyebab’ yang berinteraksi dengan faktor-faktor lain untuk ‘menyebabkan’ skizofrenia atau gangguan psikotik lainnya. Ini artinya ada penyebab lain yang mengakibatkan skizofrenia,” demikian dikatakan Castle.
Namun, penulis artikel tidak yakin bahwa penelitian tersebut membuktikan adanya hubungan antara penggunaan ganja dan skizofrenia.
Skizofrenia adalah penyakit serius yang berhubungan dengan kehilangan substansial dari kualitas hidup, masalah sosial dan ekonomi. Hal yang terpenting yaitu meningkatkan upaya pencegahan.
Suzanne Gage, Stan Zammit dan Matt Hickman dari Universitas Bristol dan Universitas Cardiff  mengatakan bahwa dari perspektif ilmiah masih belum jelas sejauh mana penggunaan ganja dapat menyebabkan peningkatan risiko skizofrenia.
Poin penting yang mereka ungkapkan adalah bahwa perbandingan empiris dari penggunaan ganja dan skizofrenia saling bertentangan.
Di negara-negara maju yang tinggi tingkat penggunaan ganja selama 40 tahun terakhir, sebagai contoh di Inggris yang mana penggunaan ganja meningkat 10-20 kali lipat sejak tahun 1970-an, data baru untuk skizofrenia tidak menunjukkan peningkatan sama sekali.
Mereka berargumen bahwa bukti yang lebih kuat diperlukan untuk menentukan apakah mencegah penggunaan ganja akan memiliki dampak besar pada pencegahan gangguan psikotik dalam populasi, atau lebih spesifik berisiko tinggi pada kelompok tertentu.
Kedua belah pihak setuju bahwa ganja merupakan masalah kesehatan masyarakat dan masyarakat harus dibuat sepenuhnya memahami risiko yang terkait dengan penggunaan jenis obat-obatan.
Castle menulis, bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga skizofrenia atau yang memiliki gejala psikosis, mereka kemungkinan berada pada risiko yang lebih besar. (cpt)

0 komentar:

Posting Komentar